Personal branding adalah proses pembentukan persepsi masyarakat terhadap diri seseorang yang dipandang sebagai merek atau brand oleh target market. Hal ini meliputi kepribadian, kemampuan, dan aspek lainnya yang menciptakan persepsi positif di benak masyarakat.
Personal branding sangat penting untuk dimiliki individu terutama dalam bersaing di dunia kerja, yang dapat menentukan posisi kerja, jabatan, dan lain sebagainya. Dengan personal branding yang kuat, individu dapat menjadi pembeda dari orang lain, memperluas koneksi dengan orang lain, membuka peluang baru, meninggalkan jejak digital yang baik dan meningkatkan kepercayaan diri. Memiliki website untuk personal branding menjadi salah satu channel wajib dalam membangun personal branding.
Website akan memberikan segudang manfaat untuk individu dan target audience dari brand. Saat ini, lebih dari 76,8% dari total seluruh penduduk di Indonesia sudah mengakses internet. Sehingga, website sudah jadi barang wajib untuk bisa masuk, eksis dan sukses di era digital ini. Dengan website, individu dapat mengkomunikasikan brand mereka dengan benar dan utuh. Sehingga orang akan mengerti dan mengingat brand individu. Hal ini akan membantu individu dalam mendapatkan tawaran kerja, memperluas koneksi, membuka peluang baru, dan meningkatkan kepercayaan diri.
Oleh: Haryadi Agust Karya
(Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UMY)