Bantul, 28 Juni 2025 – Badan Koordinasi Taman Kanak-kanak Al-Qur’an dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (BADKO TKA-TPA) Kabupaten Bantul hari ini sukses menyelenggarakan pelatihan pembuatan website. Kegiatan yang berkolaborasi dengan mahasiswa IPICOM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini merupakan bagian dari implementasi tugas mata kuliah Elektronikal Dakwah, dan bertujuan untuk membuka serta menambah wawasan peserta mengenai dunia pengembangan website.
Pelatihan yang diselenggarakan di Graha Respati, Kalurahan Timbulharjo ini dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai kapanewon (kecamatan) di seluruh Kabupaten Bantul. Sejak awal, terlihat jelas antusiasme tinggi dari para peserta yang haus akan pengetahuan baru di bidang teknologi informasi.
Kolaborasi antara BADKO TKA-TPA Kabupaten Bantul dan IPICOM UMY ini menjadi bukti nyata komitmen dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia, khususnya di kalangan pengelola TKA-TPA, agar lebih melek digital. Di era serba digital saat ini, kemampuan untuk membuat dan mengelola website menjadi sangat relevan, tidak hanya untuk tujuan personal tetapi juga untuk mendukung kegiatan dakwah dan pendidikan.
“Kami sangat senang melihat antusiasme peserta. Semoga pelatihan ini bisa menjadi bekal berharga bagi mereka untuk mengembangkan dakwah melalui media digital,” ujar salah satu perwakilan dari BADKO TKA-TPA Kabupaten Bantul.
Sementara itu, perwakilan dari mahasiswa IPICOM UMY juga menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang yang sangat baik untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah, sekaligus berkontribusi positif kepada masyarakat.
Diharapkan, dengan bekal ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini, para peserta dapat mulai merancang dan membangun website mereka sendiri, sehingga dakwah dan informasi positif dapat disebarluaskan dengan lebih efektif melalui platform digital. Kegiatan ini menunjukkan langkah progresif dalam memadukan dakwah dengan kemajuan teknologi, menciptakan generasi yang tidak hanya agamis tetapi juga adaptif terhadap perkembangan zaman.